-->

Cara membuat hyperlink pada HTML

Hai SiiCoder fans, di post sebelumnya SiiCoder sudah membahas bagaimana cara mengatur warna, ukuran dan gaya huruf. Di post ini ,SiiCoder akan membahas bagaimana membuat hyperlink pada HTML.


Apa itu Hyperlink? 

Hyperlink yanh dikenal sebagai link yaitu berfungsi untuk menghubungkan antara satu dokumen dengan dokumen yang lain pada HTML. Tujuan hyperlink adalah membuat sebuah teks atau gambar, yang ketika di klik akan mengalihkan ke halaman tertentu yang sudah ditetapkan dalam penulisan hyperlink. 

Hyperlink sendiri ditulis menggunakan tag <a> dan ditutup dengan tag </a>  ,tag <a> selalu di ikuti oleh atribut href (hypertext reference) dimana  didalam href akan diisikan alamat/link yang dituju ketika teks atau gambar di klik. berikut cara penulisan hyperlink. 

<html>
    <head>
         <title> SiiCoder.xyz </title>
    </head>
    <body>
          <a href="http://www.siicoder.xyz"> Apabila di klik akan di alihkan ke http://www.siicoder.xyz</a>
     </body>
</html> 

Maka hasilnya akan seperti ini

Atribut href bisa kalian isi dengan link/alamat tujuan apabila teks tersebut di klik. kalian juga bisa mengatur warna huruf, size huruf dan gaya huruf. Dibawah ini merupakan contoh script hyperlink menggunakan style font.

<html>
    <head>
         <title> SiiCoder.xyz </title>
    </head>
    <body>
          <a href="http://www.siicoder.xyz"> <font face="courier" color="green">Apabila di klik akan di alihkan ke http://www.siicoder.xyz</font></a>
     </body>
</html> 

Maka hasilnya akan seperti ini.

Sekian pembahasan bagaimana cara membuat hyperlink pada HTML. Follow SiiCoder & Share it  :)

Komentar (0)

Post a Comment