-->

Mengenal Tag, Element, Atribut pada HTML

Seblumnya SiiCoder telah membahas tentang pengenalan HTML, Text Editor. Kini SiiCoder akan membahas pengenalan dan penggunaan Tag, Element dan Atribut pada HTML.


Apasih Tag HTML ? 

   Tag merupakan kode yang digunakan untuk memperkenalkan pada web browser untuk apa text HTML yang ditulis. HTML membutuhkan cara memperkenalkan text yang ditulis didalamnya kepada browser, baik text itu berupa list, paragraf, link dan sebagainya. Disinilah tag digunakan, dalam penulisan tag, hampir semua menggunakan pembuka dan penutup tag. dimana objek yang dimaksudkan berada diantara pembuka dan penutup tag. Berikut contoh penulisan tag yang digunakan dalam HTML.
<tag> Objek yang dimaksud </tag> 
Perbedaan antara tag pembuka dan tag penutup yaitu, pada tag pembuka diawali kurung sudut pembuka dan diakhiri kurung sudut penutup ( <> ) , sedangkan pada tag penutup, diawali dengan kurung sudut pembuka, backslash (garis miring) ,dan diakhiri kurung sudut penutup ( </> ) .

Apasih Element HTML  ?

    Element pada HTML merupakan isi atau objek yang berada pada tag. Maksudnya, isi yang ada di  tag pembuka dan tag penutup. 

<html>
   <head>
        <title> SiiCoder.xyz </title>
   </head>
   <body>
         <h1> ini objek </h1>
    </body>
</html> 

pada contoh diatas, h1 merupakan element dari tag <h1> dan memiliki isi yaitu "ini objek" .

Apasih Atribut HTML ? 

     Atribut merupakan informasi tambahan yang digunakan di dalam tag pembuka. Informasi ini bisa berupa intruksi untuk memberikan efek warna, ketebalan dll. Atribut biasanya memiliki 2 bagian yaitu nama dan nilai dapat ditulis dengan (name="value") .Penulisan nilai/value diapit oleh tanda kutip (bisa menggunakan kutip satu ( ') maupun kutip dua ( ") .

<html>
   <head>
        <title> SiiCoder.xyz </title>
   </head>
   <body>
         <h1 align="cemter"> ini objek </h1>
    </body>
</html> 

pada contoh diatas <h1> merupakan tag dari element h1 (heading 1)  align adalah name/nama dari atribut, center adalah nilai/value dari atribut.

Oke sekian dulu tentang pengenalan HTML, follow SiiCoder and Share it  :)

Komentar (0)

Post a Comment