-->

pengertian, fungsi dan jenis - jenis sosial media

Pengertian Sosial Media , Fungsi serta jenis-jenis Sosial Media

Zaman sekarang ini, siapa coba yang ga tau sosial media? apalagi anak-anak muda zaman sekarang hampir semuanya aktif di sosial media untuk berbagai kepentingan atau tujuan tertentu. Tapi ternyata, kebanyakan dari mereka tidak mengetahui apa itu sosial media ? masa iya kalian menggunakan sosial media tapi ga tau apaitu sosial media? Yuk simak penjelasan dibawah ini


Pengertian Sosial Media

Sosial media merupakan sebuah website yang digunakan banyak orang untuk melakukan komunikasi dan berkumpul, sosial media juga sering digunakan untuk berbagi bermacam-macam informasi tertentu. Beberapa sosial media yang paling banyak digunakan yaitu Facebook, Twitter, Instagram dan ada juga jejaring sosial yang berbentuk forum atau komunitas seperti Kaskus Indonesia, Brainly, Ads.id dan masih banyak lainnya.

Sebagai pengguna sosial media tersebut, apakah kalian sudah menggunakannya sesuai tujuan dibuatnya sosial media tersebut? Mungkin kalian hanya menggunakannya untuk mengetahui informasi seseorang yang kalian ingin ketahui saja. Sebenarnya ada beberapa manfaat positif dari sosial media yang harus kalian ketahui. 

Manfaat Sosial Media

1.Sebagai tempat berbagi/sharing

Sudah tidak aneh lagi bukan? ya karena sudah banyak orang yang menggunakan sosial media untuk berbagi berbagai macam informasi. Karena berbagi informasi di sosial media ini terasa sangat mudah dan sangat cepat sekali tersebarnya.

2.Tempat membuat forum/komunitas

Ya, di sosial media sudah banyak sekali berbagai komunitas. Karena dengan berkembangnya teknologi, kita dapat mengetahui/mencari orang yang memiliki minat/tujuan yang serupa. Seperti contohnya Kaskus Indonesia, Brainly, Ads id.

3.Sebagai tempat komunikasi

Nah, ini merupakan fungsi utama sosial media, dengan adanya sosial media kita dapat terhubung atau menjalin komunikasi dengan siapa saja dan dimana saja tanpa adanya batasan. Bahkan dari sosial media ini, kita dapat menemukan pasangan :D

4.Sebagai media pengiklan

Buat kalian yang memiliki produk/brand, di sosial media ini kalian dapat mempromosikannya dengan mudah, dengan cara ini mungkin produk/brand kalian lebih banyak diketahui oleh orang banyak bukan? teruslah berusaha dan jangan menyerah.


Jenis-jenis Sosial Media 

Nah, sosial media bukan hanya sekedar facebook,instagram dan twitter saja. Sosial media juga memiliki bermacam jenis .

1.Social Network

Jenis ini merupakan jenis sosial media yang paling sering digunakan oleh kalian. Facebook, twitter dan instagram masuk kedalam jenis ini. Mungkin naufal tidak harus menjelaskan panjang lebar lagi ya, karena kalian pasti sudah mengetahuinya.

2.Forum Komunitas

Forum komunitas merupakan jenis sosial media yang menjadi tempat perkumpulan orang banyak yang memiliki tujuan tertentu. Sebagai contoh Komunitas yang mungkin sudah tidak asing lagi yaitu Kaskus Indonesia.

3.Situs dan Website

Situs dan website atau yang sering kita sebut blog juga termasuk kedalam sosial media, mengapa? karena di situs dan website kita juga dapat melakukan komunikasi seperi halnya berkomentar.

4.Social Bookmark

Jenis sosial media ini mungkin sudah ditinggalkan di zaman ini, tapi jenis ini pernah menjadi favorit di zamannya. Jenis ini berfungsi menyimpan url/link favorit kita. karena sering disalah gunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab, sosial media ini sudah ditinggalkan, bahkan ada yang di blokir di negara tertentu.


Akhir kata

Nah, kalian sudah mengetahui apaitu sosial media dan tujuan dibuatnya sosial media. Mulai dari sekarang kalian harus lebih pandai dalam menggunakan sosial media dan jangan pernah menyalah gunakan sosial media oke.
Share & Comment


Komentar (0)

Post a Comment