-->

Pengertian VPN serta fungsi dan manfaatnya

Pengertian Virtual Private Network

Virtual Private Network atau yang sering disebut VPN adalah suatu koneksi antara suatu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private) melalui jaringan public (internet). Virtual Private Network terdiri dari tiga kata yang memiliki arti sebagai berikut :
  1. Virtual, yaitu hal yang tidak nyata atau semua yang ada di dunia maya
  2. Private, yaitu bersifat pribadi atau tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Yang berfungsi untuk menjaga kerahasiaannya dari jaringan public, maka semua data di enkripsi
  3. Network, Jaringan internet yang saling terhubung

Jadi, dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian VPN adalah virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi asli yang terenkripsi.

Fungsi VPN secara umum

Penggunaan VPN merupakan cara yang aman untuk mengakses Local Area Network (LAN) yang berada pada jangkauan tertentu, melalui koneksi internet atau jaringan lainnya untuk melakukan transmisi data secara pribadi. Dengan menggunakan VPN kita dapat menghindari adanya data yang bocor saat melakukan trasnmisi data, karena semua data dienkripsi.
Fungsi-fungsi VPN sebenarnya adalah sebagai berikut :
  1. Kerahasiaan Data ( Confidentially)
    Penggunaan VPN dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi pengguna agar tidak dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pada zaman ini, menggunaan jaringan publik cukup berbahaya, apalagi untuk bisnis besar misalnya pada perusahaan jasa asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting. Sehingga dengan menggunakan VPN bias mengamankan data dan informasi karena data dan informasi di enkripsi.

  2. Keutuhan Data (Data Integrity)
    VPN juga berguna untuk menjaga keutuhan dan keaslian data, karena VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan tanpa adanya perubahan atau manipulasi data sedikitpun.

  3. Otentikasi Sumber (Origin Authentication)
    VPN mampu mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya. Hal ini berguna untuk menganalisis sumber –sumber data yang tidak diketahui sehingga dapat mencegah data yang berisikan virus atau malware.

Setelah kamu mengetahui pengertian VPN dan fungsinya, Kamu juga perlu mengetahui manfaat dari VPN. Adapun manfaat-manfaat VPN sebagai berikut :
  • Privasi
    Dengan menggunakan VPN, privasi kamu lebih terjamin. Kamu dapat menyembunyikan alamat IP sehingga ketika kamu melakukan browsing, maka pihak lain tidak akan mengetahui lokasi kamu dimana. Biasanya hal ini sangat berguna untuk mengakses web yang di blokir oleh Negara atau ISP kamu.

  • Remote Access
    Dengan VPN kamu dapat mengakses jaringan komputer dikantor atau dimana saja melalui jaringan internet.

  • Keamanan
    VPN juga dapat membantu menjaga keamanan jaringan internet dari serangan hacker, apalagi jika kamu menggunakan Wifi Umum.


Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN yaitu membuat jaringan didalam jaringan atau sering disebut tunneling. Tunneling bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara private dengan memanfaatkan jaringan lain.

Umumnya, Jika kamu mengakses website di internet, maka kamu akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua data yang diminta oleh website akan melewati server ISP dan bias dilihat oleh pihak ISP.

Berbeda dengan halnya jika kamu menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya server VPN saja yang mengetahui data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna. Maka :
  • ISP tidak akan mengetahui aktivitas pengguna VPN di Internet
  • Penggunaan wifi public akan lebih aman
  • Provider VPN dapat melihat aktivitas pengguna VPN di internet

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Menggunakan VPN memiliki kelebihan dan kekurangan pastinya, Kelebihan dan kekurangannya yaitu sebagi berikut :
  1. Kelebihan VPN
  • Dapat mengakses website yang di blokir oleh pihak ISP
  • Lokasi pengguna VPN tidak akan diketahui karena alamat IP yang disembunyikan
  • Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan yang aman, VPN merupakan solusinya
  2. Kekurangang VPN
  • Data dapat diketahui oleh server penyedia VPN
  • Kecepatan internet yang lambat apabila server VPN yang lokasinya cukup jauh


Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan mengenai VPN, apakah kamu masih ingin mnenggunakan VPN ? jika iya, gunakan VPN dengan bijak dan semestinya. Share artikel ini apabila menurut kamu bermanfaat :)

Komentar (0)

Post a Comment