-->

5 Jenis perguruan tinggi serta perbedaannya

Bagi kamu yang ingin meneruskan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Universitas, Institute, Politeknik, Akdemi dan Sekolah tinggi. Tentunya sebelum kalian memilih perguruan tinggi, kalian harus tau perbedaan dari 5 nama tersebut.


Perbedaan antara Universitas, Institute, Sekolah tinggi, Politeknik dan Akademi

1. Universitas

Universitas merupakan jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai bidang, dapat pula menyelenggarakan pendidikan profesional dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi maupun seni. Universitas merupakan jenis perguruan tinggi yang memiliki rumpun ilmu yang paling luas. Tingkat pendidikannya mulai dari Diploma, S1, S2, S3, hingga program spesialis.

2. Institute

Institute merupakan jenis perguruan tinggi yang disamping menyelenggarakan pendidikan akademi, dapat pula menyediakan pendidikan profesional dalam sejumlah ilmu pengetahuan dan teknologi. Institute memiliki rumpun ilmu lebih terbatas dibanding universitas. Contoh Institute Teknologi Bandung(ITB) yang lebih berfokus kepada teknik dan teknologi.

3. Sekolah Tinggi

Berbeda dengan Universitas dan Institute, Sekolah tinggi ini hanya menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional dalam satu lingkup saja ( fokus satu akademik ).

4. Politeknik

Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun ilmu pengetahun. Dengan kata lain, Politeknik memfokuskan para peserta didiknya untuk dapat mempraktikkan keahlian yang telah dipelajarinya.

5. Akademi

Jika Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam rumpun yang luas. Berbeda dengan akademi, Akdemi hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang ilmu pengetahuan saja. Contoh Akademi Militer, Akademi Kepolisian, Akdemi Kebidanan dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa jenis perguruan tinggi. Pilihlah perguruan tinggi yang cocok dengan kamu dan jangan sampai salah pilih. Share ini apabila bermanfaat :)

Komentar (0)

Post a Comment