-->

Cara mengkompres dan ekstrak file menggunakan termux mudah

Pada artikel ini, mastutor akan memberi tahu cara membuat atau mengcompress file menjadi .zip menggunakan termux dengan mudah.


Fungsi dari mengkompress yaitu meringkas banyak file hingga menjadi satu file saja, agar tidak terlihat acak-acakan. Mungkin pada hp kamu sudah tersedia fitur untuk mengkompres file menjadi bentuk zip. Tetapi mengkompres file menggunakan termux mungkin akan terlihat lebih keren pastinya, karena kamu perlu memasukan beberapa command untuk mengkompress. Berbeda dengan fitur kompress yang disediakan oleh hp, yang hanya memilih file yang akan di kompress saja.

Cara mengkompres file menggunakan termux

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu menginstal satu package yang sangat penting yaitu package zip. Tentu saja untuk membuat zip diperlukan package zip. Berikut adalah command untuk melakukan kompress banyak file menjadi zip.

1. Buka termux kamu, lalu install package zip dengan command seperti ini.
pkg install zip
2. Jika package zip sudah terinstall, selanjutnya kamu cari keberadaan file yang ingin di zip. Lalu lakukan command dibawah ini untuk mengkompres.

zip <nama hasil>.zip <nama file1> <nama file2>
ganti <nama hasil> dengan nama file zip yang ingin kamu hasilkan, ganti <nama file1> <nama file2> dengan file-file yang ingin kamu kompress.

Pada gambar diatas, terlihat nama file hasil.zip yang merupakan hasil kompress dari beberapa file.

Cara ekstrak file zip menggunakan termux

Setelah kamu bisa mengkompres file menjadi bentuk zip, kamu juga harus bisa mengekstrak file zip tersebut menjadi file-file asli nya. berikut adalah command untuk mengekstrak file zip.
unzip <nama file>.zip
ganti <nama file>.zip dengan nama file zip yang ingin kamu ekstrak. Berikut adalah contoh penggunaannya.
dapat dilihat pada gambar, itu adalah contoh penggunaan command untuk mengekstrak file zip.

Akhir Kata

Cukup mudah bukan untuk mengkompres dan mengekstrak file menggunakan termux. Jika kamu bingung dan kesulitan, tuliskan pada kolom komentar dibawah. Share artikel ini apabila menurut kamu bermanfaat :)

Komentar (0)

Post a Comment