-->

Cara Melaporkan Penipu secara Online

Penipuan seringkali terjadi ketika anda bertransaksi online maupun tidak. Banyak iming-iming penipuan yang memberikan hadiah di sms dan lain sebagainya yang tidak masuk akal. Penipuan biasanya terjadi ketika anda bertransaksi menggunakan social media.

Di social media, penipu seringkali disebut dengan istilah ripper. Mungkin sebutan tersebut sudah tidak asing lagi jika anda aktif jual beli di social media. Mungkin anda akan merasa kesal apabila anda menjadi korban penipu tersebut.

Sekarang anda bisa melaporkan penipu tersebut secara online, tentunya dengan harapan agar tidak ada korban lagi. Pada kesempatan kali ini MasTutor akan memberitahu cara melaporkan penipu secara online.

Cara Melaporkan Penipuan

MasTutor akan memberitahu cara melaporkan penipu secara online. Terdapat dua web besar yang menyimpan data-data penipu. Seperti rekening, nomor telepon dan informasi lainnya. Nah anda bisa melaporkan data-data penipu ke salah satu web tersebut. MasTutor akan memberitahu cara melaporkan penipuan ke Web CekRekening.id

1. CekRekening.id

Web ini menyimpan ribuan data penipu. Website ini ditujukan bagia anda yang ingin bertransaksi lebih baik mengecek nomor telepon atau nomor rekening penjual terlebih dahulu. Jika dari data tersebut mengidentifikasi nomor rekening tersebut penipu, lebih baik batalkan transaksi. Berikut ini cara melaporkan penipuan ke cekrekening.id :
  1.  Pertama buka situs https://cekrekening.id/lapor .
  2.   Selanjutnya isi semua form pelaporan seperti nomor rekening, bank yang digunakan dan lainnya.
  3. Jika semua form telah terisi, anda isi captcha bahwa anda bukan robot lalu tekan tombol submit, dan tunggulah hingga laporan ditanggapi.



Setelah anda melaporkan penipu, diharapkan tidak ada lagi yang menjadi korban dari penipu tersebut.

Masih ada website yang fungsi dan tujuannya sama seperti cekrekening.id yaitu kredibel.co.id. anda juga bisa melaporkan kasus penipuan di website kredibel.co.id. untuk cara lengkapnya mungkin tidak jauh berbeda dengan cekrekening.id anda bisa mempelajarinya sendiri.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai cara melaporkan penipu secara online. Semoga cara diatas bisa berfungsi seusai dengan yang anda harapkan. Bagikan artikel ini ke teman anda, agar teman anda mengetahui apa yang anda ketahui. Have a Nice Day !

Komentar (0)

Post a Comment