-->

2 Cara mengembalikan kontak yang hilang di android

Kontak merupakan salah satu fitur yang pasti dimiliki oleh semua jenis hp, mau itu hp biasa ataupun smartphone. Kontak ini berguna untuk menyimpan nomor telepon orang lain. Hal tersebut sangat memudahkan kita jika ingin menelpon ataupun mengirim pesan kepada seseorang, maka hanya perlu mencari nama orang yang ingin anda hubungi.
Banyak aplikasi yang biasanya meminta akses untuk mendapatkan kontak, seperti whatsapp contohnya dan masih banyak aplikasi lainnya. Namun aplikasi bawaan setiap smartphone ini sering mengalami error yang bisa menyebabkan hilangnya kontak secara tiba-tiba. Jika anda menggunakan smartphone untuk bekerja, pastinya anda akan menyimpan nomor orang-orang penting seperti bos, partner dan lain-lain. Namun, jika kontak pada smartphone anda hilang bagaimana pekerjaan anda tersebut ? Jelas hal tersebut sangatlah membuat anda kebingungan, Bagaimana solusinya ? Nah, pada kesempatan kali ini mastutor akan memberitahu cara mengembalikkan kontak yang hilang di HP Android. Jika anda bukan pengguna android, mohon maaf cara ini hanya bisa dilakukan di android saja. Yuk simak gaesss. . .

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang di Smartphone Android

Terdapat dua cara untuk mengembalikan kontak anda yang hilang, penasaran ? yukk simak gaesss.

Lakukan Pengaturan Ulang

Pada dasarnya nomor pada kontak dapat disimpan pada dua penyimpanan yaitu pada hp dan pada simcard yang anda gunakan. Bisa saja nomor yang anda anggap hilang tadi hanyalah tidak muncul karena anda menyimpannya di Kartu sim bukan di telepon. Untuk mengaturnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini : 1. Buka aplikasi kontak yang ada di smartphone anda. 2. Klik titik tiga yang biasanya ada dipojok kanan atas. 3. Kemudian pilih menu Contact To Display atau Kontak untuk ditampilkan. 4. Maka anda akan melihat beberapa opsi, silahkan centang semua opsi yang diberikan mulai dari phone, SIM dan lainnya. 5. Terakhir Simpan dan mulai ulang smartphone anda. Setelah melakukan semua langkah-langkah diatas diharapkan bisa memunculkan kontak yang anda anggap hilang. Jika belum muncul lakukan cara selanjutnya.

Restore Kontak dengan Akun Google

Anda pasti memiliki akun google yang terhubung dengan smartphone android anda. Smartphone android biasanya akan menyinkronkan semua data yang ada di smartphone seperti kontak, foto, dan lainnya. Semua hal tersebut akan disimpan di server google. Maka semua hal yang sudah disinkron bisa dikembalikan dengan cara menyinkronkan atau merestorenya. Tapi hal tersebut hanya berfungsi jika sebelumnya anda telah menyinkronkan akun google dengan smartphone android anda, yuk coba langkah-langkah dibawah ini : 1. Buka gmail.com di web browser, mastutor merekomendasikan menggunakan Google Chrome. 2. Selanjutnya login menggunakan akun yang dulu sudah pernah disinkronkan di smartphone android anda. 3. Klik ikon menu yanga ada dipojok kiri, pilih menu contacts atau kontak. Untuk Gmail versi terbaru, ikon menu berada di pojok kanan atas. 4. Lalu klik menu Lainnya dan pilih Ekspor. 5. Pilih kontak-kontak yang ingin anda pulihkan atau ceklis saja semua kontak yang tersedia. Lalu pilih pulihkan kontak atau ekspor, tunggu hingga selesai. 6. Jika sudah selesai, Buka pengaturan pada smartphone anda lalu pilih menu sinkron. Setiap smartphone berbeda-beda jadi sesuaikan saja dengan smartphone yang anda gunakan. 7. lalu pilih Googel, pilih akun googel yang tadi anda gunakan untuk login di browser tadi. Selanjutnya pilih Sinkronisasi sekarang. 8. Cek pada aplikasi kontak anda, apakah sudah mberhasil dipulihkan atau belum, lebih baiknya lagi lakukan restart smartphone anda. Cara diatas hanya berfungsi jika sebelumnya anda telah mensinkronisasi akun google dengan smartphone android anda dan akun google masih anda miliki.

Akhir Kata

Sekian dua cara untuk mengembalikan atau memulihkabn kontak yang hilang pada smartphone android. Semoga cara diatas bisa berfungsi seusai dengan yang anda harapkan. Bagikan artikel ini ke teman anda, agar teman anda mengetahui apa yang anda ketahui. Have a Nice Day !

Komentar (0)

Post a Comment